Internet Marketing


Assalamu’alaykum Wr.Wb

Sebelumnya Ogut mau share nih. Ini postingan ogut sbenernya dan sejujurnya buat demi memenuhi salah satu tugas mata kuliah. ==”

Okelah kalo begitu (lho : wartedz Boys) kita langsung bahas aja apa sebenarnya Internet Marketing itu. Internet Marketing jika dibahasakan Indonesia merupakan Pemasaran Internet (lho, kug internet dipasarkan??). Bukan, secara sedehananya gini, jadi kita memasarkan suatu produk dengan memanfaatkan teknologi jaman sekarang yang sedang sangat berkembang pesat, yaitu Internet.

Pemasaran Internet atau e-pemasaran adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui/menggunakan media internet atau jaringan www. Kata ‘e’ dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya segala kegiatan pemasaran yang dilakukan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. (nah lho, Ogut aja baru tau istilahnya begitu ternyata ==”).

Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, sebenernya ga segitunya juga sie. Memang salah satu kelebihan Internet Marketing ialah sangat mudah bertransaksi dan lebih praktis. so, bisa dibilang lebih hemat waktu, biaya dan energi, karena kita ga perlu datang ke penjual langsung, cuma nongkrong aja di depan PC online, trus jalan-jalan dan berselancar di maya. Seakan-akan Dunia ada di tangan kita deh, seperti TELKOM berkata “The World In Your Hand” (Promo dkit ^^).  Tetapi asal tau aj ya, disamping kelebihan, sesuatu pastia terdapat kekurangan nya. tak terkecuali Internet marketing lho.  Banyak banget terjadi tindakan penipuan dalam masalah seperti ini, karena memang Internet Marketing sangat riskan dalam tindak penipuan. Itu semua disebabkan karena basic penjualan di Internet (atau yang biasa disebut Online Shop) itu hanya bermodal kepercayaan atau saling percaya antara penjual dan pembeli. Oleh karena itu, Ogut saranin buat semua nih kudu Waspadalah-Waspadalah (Bang Napi banget) dalam bertransaksi ya.

Sebenarnya pemasaran internet atau e-pemasaran itu secara umum meliputi beberapa kegiatan di dalamnya, yaitu pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner(spanduk iklan), promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (Contoh: Google, yahoo, dll), surat electronic atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), pemasaran afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll. Ternyata fungsi kegiatan-kegiatannya secara umum juga lumayan membingungkan ya. Ogut aj sementara ini Cuma paham beberapa maksud diatas (mungkin musti banyak-banyak belajar lagi nih ==”).

Era sekarang memang sangat berkembang pesat Online Shop ini, maka menurut Lennart Svanberg, Presiden dari World Association of Internet Marketers, semakin banyak perusahaan akan ‘go internet’, dan tidak akan ada perusahaan yg tidak ‘go internet’ bila mereka tidak ingin punah (walau ini bukan jaminan kalau mereka tidak mengetahui kekuatan dari strategi pemasaran di dunia online). Ya jadi seperti itulah bagaimana kuatnya teknologi dalam faktor penentu sebuah perbisnisan ya.

Beberapa Internet Marketing di antaranya mencakup perencanaan strategi, analisa situasi, analisa kastemer, pengembangan pasar dan produk, positioning, juga 5P yg berbeda, penetapan harga, distribusi produk dan promosi online.

Akan tetapi memang, banyak dari prinsip, teknik, dan taktik dari Pemasaran Internet berakar dari strategi pemasaran tradisional namun dengan implementasi yg berbeda.

Jadi agar promosi dan bisnis internet kalian berhasil, kalian harus mengenal konsep strategi pemasaran konvensional, jangan seperti para pelaku bisnis internet kebanyakan dari mereka adalah orang TI yang ga paham sekali akan konsep pemasaran tradisional jadi menyulut keambrukan dari kebanyakan bisnis dotcom murni.

Di samping itu bertambahnya dimensi baru ini yang telah menyatu ke dalam khususnya landscape bisnis internet, itu adalah pemasaran pesan-pesan iklan melalui media promosi Internet jenis classified, promosi berbasis testimonial di situs Web, pemasaran melalui situs pencari, pemasaran dan pembelian berbasis pay per click, viral marketing, affiliate marketing, URL marketing, email marketing, online press releases (wah,,Ogut makin Pusing dengernya #_#, ternyata komplek juga istilah istilahnya).

Selain itu ternyata setelah Ogut iseng jalan-jalan di Mbah Google, ogut nemu sebuah tips bagaimana melakukan Internet marketing  dengan baik, tips ini merupakan tips yang diberikan oleh seorang suksesor Internet Marketing yang memiliki pemikaran “Stop Dreaming, Start Action” yaitu Bapak Joko Susilo.

Berikut tips atau langkah-langkah membangun Internet marketing yang sukses :

  1. Tentukan tujuan. Apa tujuan pemasaran internet anda? Sebagian besar mungkin akan menjawab untuk jualan dan menghasilkan uang. Tapi maksud saya adalah apakah tujuannya untuk meningkatkan penjualan semata atau ada tujuan lain yang ingin anda capai seperti dengan meningkatkan awareness terhadap produk anda? Atau mungkin anda juga lebih bertujuan untuk mengedukasi pasar? Atau itu sebagai bagian dari bentuk support anda terhadap konsumen?
    Tetapkan terlebih dahulu tujuan yang ingin anda capai dengan melakukan pemasaran lewat internet.
  2. Pahami pasar di internet. Amati bagaimana situasi pasar yang sedang anda bidik. Lihat, dengarkan, dan catat apa yang terjadi di sana.
  3. Strategi. Tujuan sudah punya, anda sudah mencoba melakukan riset pasar berikutnya anda perlu punya strategi bisnis internet untuk melakukan pemasaran via internet. Siapkan beberapa strategi yang diharapkan mampu mewujudkan tujuan anda itu.
  4. ACTION-kan. Selanjutnya terapkan strategi-strategi yang telah anda siapkan. Apakah anda akan menggunakan tool seperti blog, atau lewat microblogging macam Twitter atau mungkin social network terpopuler Facebook, jalankan satu-satu persatu.
  5. Evaluasi. Sambil anda jalankan strategi pemasaran internet tersebut lakukan evaluasi hasil dari tool yang sudah anda jalankan. Apakah berhasil seperti reseller bisnis yang mampu membuat keywordnya menduduki posisi nomor satu di Google misalnya.
    Atau jika belum, apa persoalan yang muncul? Kenapa hal tersebut terjadi dan yang terpenting bagaimana solusinya?

Bagaimana semua?? Tertarikkah melakukan internet marketing?? Yah, kecil-kecilan dulu juga ga apa, seperti buka online shop kecil-kecilan di situs jejaring sosial. Karena semua berawal dari yang kecil-kecilan dulu, baru menjadi besar di suatu saat. Ogut percaya, berakit-rakit ke hulu, berenang-renag ke tepian. Jangan lupakan pepatah lama..hoho  ^o^v

Demikian artikel yang bisa Ogut share nih, semoga bermanfaat ^^. Dan satu hal lagi, kalo berkunjung, jangan lupa tinggalin jejak ya. ^^

Wassalamu’alaykum Wr.WB

Satu Tanggapan to “Internet Marketing”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: